×

Owner / Author / Admin / etc

    Muhammad Puttra    

"Pada halaman web ini saya akan membagikan informasi informasi menarik seputar Anime, Web Code, dan juga berbagai tips-tips menarik lainnya."

Ads Header

Pengertian Advertising atau Periklanan, Ujung Tombak Pemasaran

Pengertian Advertising atau Periklanan, Ujung Tombak Pemasaran

Sabtu, 19 Agustus 2023   • Tambah Komentar



Istilah advertising atau juga dikenal sebagai periklanan, merupakan khasanah pengetahuan tersendiri yang menarik dipelajari. Mari kita mulai.  

Apa Itu Advertising atau Periklanan?

Advertising atau periklanan adalah kegiatan promosi yang bertujuan untuk menjual produk atau layanan kepada khalayak yang menjadi target. Dikutip dari Oberlo.com, ini merupakan salah satu bentuk pemasaran tertua. 

Usaha yang dilakukan untuk memengaruhi target pemasaran untuk bertindak, dalam hal ini melakukan pembelian, penjualan, atau hal-hal spesifik lainnya. Dengan menggunakan pesan yang sangat disesuaikan, iklan dapat bersifat niche (menargetkan khalayak kecil) atau umum (menargetkan khalayak besar).

Advertising jauh lebih tua daripada sebagian besar kegiatan pemasaran lainnya, terutama metode masa kini, seperti pemasaran via email dan melalui mesin pencari. Sejak internet menjadi hal umum, advertising terbelah menjadi dua bidang, yakni advertising tradisional dan digital.

Beda Advertising Tradisional dan Digital

Periklanan tradisional berkaitan dengan iklan cetak, TV, dan radio yang telah populer selama lebih dari 150 tahun. Periklanan cetak adalah bentuk periklanan yang paling efektif bagi bisnis karena berfokus pada khalayak target yang secara pribadi menerima iklan melalui selebaran, surat kabar, dan media cetak lainnya.

Sementara metode digital berkaitan dengan ranah online, seperti iklan tampilan, PPC, periklanan media sosial, dan lain sebagainya. Bentuk periklanan ini lebih murah dan lebih mudah dilacak sehingga menjadi bentuk pemasaran yang lebih banyak digunakan pada masa kini.

Pentingnya Advertising dalam Pemasaran

Periklanan Produk

Membuat iklan produk adalah langkah penting pertama dalam siklus hidup produk. Ini berfungsi sebagai pengenalan produk dan dapat menjadi cara yang baik untuk memperkenalkan nama merek Anda ke dunia.

Menciptakan Permintaan

Sebelum produk diproduksi, proyeksi penjualan dihitung untuk merasionalkan biaya produksi. Begitu produk dibuat, penjualan perlu menjadi kenyataan dan iklan yang efektif adalah cara bagi bisnis untuk memperkenalkan produk ke dunia.

Kontrol dan Lacak

Periklanan digital telah menjadi ilmu pada masa kini. Perusahaan dapat sangat tertarget dan dapat melacak setiap konversi dari iklan dengan sekali klik. Kendali dan pelacakan ini membuat periklanan sangat penting dalam pemasaran untuk hal seperti pemodelan atribusi dan optimisasi tingkat konversi (CRO).

Persaingan

Periklanan memungkinkan Anda untuk menghadapi bisnis Anda dengan pesaing Anda di panggung publik. Bagaimana Anda dan pesaing Anda bereaksi sangat penting karena ini membentuk pasar. Sebagai bagian dari kampanye pemasaran agresif, periklanan promosi bersama pesaing Anda dapat menghasilkan kemenangan besar dengan cepat.

Jenis-jenis Advertising 

Periklanan Tradisional

  • Iklan Cetak: Biasa ditemukan dalam majalah, surat kabar, buletin atau selebaran, periklanan cetak adalah cara tradisional yang paling efektif untuk mempopulerkan kampanye.
  • Papan Reklame: Papan reklame dapat berupa iklan produk diam atau bergerak, biasanya dipasang pada sebuah media berukuran besar yang lokasi yang mudah terlihat khalayak.
  • Iklan Televisi (TVC): Cara paling populer untuk menampilkan produk kepada orang selama lebih dari 50 tahun. Daya tariknya sedikit berkurang sejak munculnya pemasaran digital. 
  • Iklan Radio: Meskipun hanya bersifat audio tanpa visualisasi, iklan radi masih banyak digunakan. Audiens adalah para pendengar radio yang saat ini kebanyakan sudah berusia lanjut.

Periklanan Digital

  • Iklan Media Sosial: Popularitas media sosial menjadikannya sarana baru bagi pelaku advsrtising. Menempatkan iklan promosi di situs-situs populer ini bagus karena Anda dapat mengincar demografi lebih tepat daripada sebelumnya. Anda dapat memilih rentang usia, minat, lokasi, dan banyak opsi penargetan lainnya, lewat beberapa klik saja.
  • Iklan Mesin Pencari dan Tampilan: Hampir sama dengan media sosial, mesin pencari juga memungkinkan pengiklan menargetkan demografi audiens dengan karakteristik se-spesifik mungkin. Mesin pencari menerapkan metode efektif menggunakan kata kunci. Iklan akan ditampilkan sesuai dengan pencarian kata kunci. Bentuk iklan promosi ini bagus untuk pemasaran dan penargetan kembali, kepada pelanggan lama.
  • Periklanan Mobile: Periklanan berbasis mobile dapat mencakup iklan SMS, iklan aplikasi, dan iklan situs web yang ditujukan kepada pengguna gawai selular. Pilihannya tak terbatas, karena hampir setiap orang selalu menggunakan perangkat smartphone dalam kegiatan sehari-hari.

Itulah pembahasan singkat tentang advertising atau dunia periklanan. 

Show Comments!
Hide comments

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Advertising atau Periklanan, Ujung Tombak Pemasaran"

Kebijakan berkomentar :

Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik, agar orang tau sebijak apa karakter anda melalui kata-kata,

Silahkan berkomentar apapun selagi masih berhubungan dengan halaman postingan ini,

Dilarang berkomentar menggunakan Link Aktif,

Centang Notife Me agar mendapatkan notifikasi balasan komentar admin melalui Email.

Posting Komentar

';

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel