×

Owner / Author / Admin / etc

    Muhammad Puttra    

"Pada halaman web ini saya akan membagikan informasi informasi menarik seputar Anime, Web Code, dan juga berbagai tips-tips menarik lainnya."

Ads Header

pemasaran digital

Senin, 21 November 2016   • Tambah Komentar

Pemasaran Digital



Pengertian Digital Marketing

Digital Marketing atau pemasaran digital adalah suatu bentuk usaha mempromosikan dan memasarkan sebuah merek (brand) dengan menggunakan media digital, seperti internet.

Digital marketing kini merupakan strategi yang sangat popular dan digunakan oleh hampir sebagian besar marketers di seluruh dunia. Hal ini merupakan dampak dari meningkatnya dunia internet dan teknologi, sehingga membuat internet menjadi market yang sangat prospektif.



Pengertian Digital Marketing



Digital Marketing disebut juga Pemasaran Internet atau e-pemasaran (Internet marketing atau e-marketing atau online-marketing) adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media internet atau jaringan www.

Kata e dalam e-pemasaran ini berarti elektronik (electronic) yang artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik lewat Internet atau jaringan syber. Dengan munculnya teknologi Internet dalam beberapa tahun ini, banyak istilah baru yang menggunakan awalan e-xxx, seperti halnya: e-surat, e-business, e-gov, e-society, dll.



Jenis-jenis Digital Marketing



Secara umum dikenal ada dua jenis digital marketing, yaitu:



1.Push digital marketing

Jenis digital marketing yang satu ini mengacu pada berbagai upaya mempromosikan produk atau jasa tanpa persetujuan awal dari calon konsumen.

Beberapa strategi marketing yang masuk dalam kategori ini adalah pembuatan blog, website, beriklan di berbagai website, pengiriman email promosi ke email konsumen dan juga pengiriman SMS berisi promosi produk ke nomor ponsel orang-orang.

Kelebihan dari digital marketing ini adalah menyediakan data yang lebih lengkap, mampu mentarget calon konsumen yang sesuai, bisa berlangsung secara konsisten dan juga bisa mengirim konten promosi tepat waktu.

Kekurangannya sendiri meliputi biaya yang cukup tinggi, target calon konsumen yang tidak terlalu besar serta ada kemungkinan untuk sulit ditemukan.



2.Pull Digital Marketing

Tidak seperti jenis push digital marketing dimana calon konsumen berada pada sisi pasif atau hanya sebagai penerima, jenis Pull Digital Marketing mengacu pada keaktifan calon konsumen dalam mencari informasi mengenai produk atau jasa yang mereka butuhkan.

Para konsumen mencari informasi ini melalui website atau blog yang menyediakan informasi yang mereka cari. Aktivitas SEO atau Search Engine Optimization yang bertujuan untuk memaksimalisas penggunaan mesin pencari merupakan hal yang erat kaitannya dengan jenis marketing yang satu ini.



SEO memungkinkan website atau blog dari sebuah produk berada pada halaman pertama hasil pencarian mesin pencari, yang akan memperbesar kemungkinan untuk dikunjungi. Dengan menggunakan tekhnik SEO, para marketer akan bisa menjawab kebutuhan para konsumen dalam mencari apa yang mereka butuhkan di internet, dan secara tidak langsung menyukseskan strategi pull digital marketing.

Kelebihan dari jenis digital marketing ini adalah ukuran konten yang tidak terbatas serta fleksibilitas dalam menyimpan dan menampilkan konten.

Kekurangannya sendiri meliputi tingkat kesulitan yang cukup besar agar para konsumen bisa menemukan konten yang sudah dibuat serta adanya kemungkinan blocking bila konten yang ada tercampur baur.



Alat Digital Marketing



Dalam menjalankan strategi digital marketing, ada berbagai alat yang bisa dipergunakan. Sebagian dari alat tersebut dapat dipergunakan secara gratis sementara yang lain merupakan alat berbayar.

Berikut ini adalah beberapa alat digital marketing yang bisa dipergunakan oleh para online marketer, yaitu:



1.Google Analytic



2.Google Ads



3.Social Media



1.Google Analytic

Google sendiri menyediakan berbagai jenis alat yang bisa dimanfaatkan oleh para marketer online. Google analytic tersedia dalam berbagai versi baik standar yang gratis dipergunakan atau versi premium yang lebih mutakhir (versi berbayar).

Alat ini sangat mudah untuk dipergunakan dan dapat memberikan informasi yang mendalam mengenai traffic atau pengunjung dari sebuah website, yang dapat dipergunakan untuk memperbaiki strategi marketing itu sendiri.



2.Google Ads

Para marketer online juga bisa mempergunakan fitur yang satu ini dalam strategi digital mereka. Mereka bisa menempatkan iklan di halaman mesin pencari Google melalui paket Pay per Click dan mendapatkan akses untuk bisa dilihat oleh para calon konsumen. Selain itu, para marketer juga bisa membuka akun AdWords mereka sendiri dan memanfaatkan fitur Keyword Planner yang bisa memberikan informasi untuk keyword-keyword yang memiliki kemungkinan besar untuk dipergunakan oleh para calon konsumen



3.Social Media

Saat ini ada berbagai jenis sosial media yang terus bermunculan dari waktu ke waktu. Penggunaan sosial media menjadi salah satu cara mudah bagi para marketer online dalam menjalankan strategi digital marketing mereka. Sosial media yang sedang populer saat ini adalah Facebook, Twitter, Pinterest, Flickr, YouTube dan LinkedIn.

Masing-masing sosial media memiliki cara penggunaan yang berbeda, fitur-fitur yang berbeda, serta tujuan yang berbeda. Sangatlah penting untuk memilih jenis sosial media yang sesuai dengan kebutuhan dari usaha itu sendiri.



Trend penggunaan sosial media terus berkembang dan saat ini mulai banyak bermunculan sosial media dengan fitur yang baru. Para marketer online juga perlu memperhatikan perubahan ini agar mampu menyesuaikan dengan cepat dan tidak tertinggal dari kompetitor yang lain.



1)Blog

Blog adalah salah satu alat atau lebih tepatnya chanel yang bisa dipergunakan dalam strategi digital marketing.

Saat ini banyak sekali tersedia provider atau platform blog yang gratis dan bisa dipergunakan oleh siapa saja dan yang paling populer adalah WordPress, Blogger dan juga Tumblr. Saat ini banyak sekali perusahaan yang bukan hanya mengembangkan website resmi milik mereka, namun turut juga menyediakan blog yang berisi konten-konten yang menarik dan bermanfaat bagi para konsumen.



2)Alat managemen sosial media

Ada berbagai jenis managemen sosial media yang bisa dipergunakan oleh para marketer. Untuk mereka yang memiliki lebih dari satu akun Twitter, maka Tweetdeck akan sangat bermanfaat. Tweetdeck bisa dipergunakan untuk mengatur status yang akan dimunculkan pada masing-masing akun.



Untuk mereka yang memiliki banyak akun sosial media, maka bisa mempergunakan Hootsuite.

Aplikasi yang satu ini bisa dipergunakan untuk mengatur lima akun media sosial yang berbeda cukup dengan sekali log-in. Selain itu, sang pemilik akun juga bisa mempergunakan salah satu fitur yang ada di Hootsuite untuk mengatur agar sebuah post muncul pada waktu tertentu. Dengan begini, masing-masing akun akan selalu diupdate dengan post yang baru terlepas dari sedang online atau tidaknya sang pemilik akun.



Berikut beberapa alat manajemen media sosial yang menjadi, yaitu:



a.Slideshare

Slideshare merupakan salah satu alat yang dapat dipergunakan khususnya untuk mereka yang hendak menyajikan sebuah post atau artikel dalam bentuk presentasi slide. Slideshare adalah salah satu alternatif selain Power Point dan lebih mudah untuk dipergunakan.



b.Foursquare

Foursquare sebenarnya masuk dalam kategori sosial media yang memudahkan penggunanya untuk membagi cerita tentang dimana mereka berada, kegiatan yang sedang mereka lakukan dan juga bisa dipergunakan untuk meninggalkan tips tertentu.



c.Bit.ly dan Ow.ly

merupakan sebuah alat yang membantu untuk menyingkat URL dari alamat website yang terkadang terlalu panjang. Hal ini memungkinkan URL tersebut untuk dimasukkan dalam status di Twitter untuk tujuan promosi



d.Followerwonk

Alat yang satu ini bisa dikatakan sebagai alat analisis untuk para pengguna Twitter. Dengan Followerwonk, pengguna Twitter bisa mengelompokkan para follower berdasarkan nama, lokasi, jenis kelamin, bahasa yang dipergunakan serta banyak lagi, yang tentu saja bisa dipergunakan untuk tujuan tertentu.



e.Rapportive

Sebuah plugin khusus untuk mereka yang memiliki akun Gmail. Saat mengirimkan sebuah email untuk orang tertentu pada akun email di perusahaan mereka, ada kalanya alamat email tersebut tidak tercatat pada website perusahaan dan email tersebut terpaksa dikirim pada alamat email umum dari perusahaan tersebut. Rapportive akan membuat perkiraan mengenai alamat email yang valid dari orang yang dicari berdasarkan nama orang dan perusahaan tersebut.



f.Google Drive

Alat yang satu ini bisa dipergunakan oleh para marketer online untuk mengkolaborasikan file dalam bentuk Word dan Excel menjadi satu buah file yang menarik.



e.Email

Sampai saat ini penggunaan email sebagai salah satu chanel atau alat dalam digital marketing masih sangat populer. Tingkat kesuksesan yang dihasilkan oleh email juga tergolong cukup baik. Saat ini tersedia banyak sekali provider atau mereka yang menyediakan alamat-alamat email yang sesuai dengan target konsumen yang dituju. Contohnya saja, sebuah perusahaan yang memproduksi alat kesehatan tertentu bisa mendapatkan alamat email dari dokter-dokter di satu area tertentu untuk dikirimi email penawaran produk.



f.Pixlr Grabber

Salah satu ekstensi yang ditawarkan oleh FireFox dan Chrome. Para pengguna Pixlr Grabber bisa mempergunakannya untuk mengambil bagian dari halaman sebuah website, kemudian mengeditnya secara online dan disimpan dalam bentuk format JPEG, PNG atau format lainnya. Hal ini cukup menguntungkan untuk mereka yang suka menampilkan gambar dalam presentasi produk mereka.



Tren Digital Marketing



Sangatlah penting untuk memperhatikan trend apa yang sedang berkembang untuk memastikan agar tujuan marketing yang ada berhasil.

Berikut ini adalah beberapa trend yang bisa diharapkan untuk berkembang di tahun-tahun yang akan datang, yaitu:



1)Penggunaan mobile marketing.

Hal ini sejalan dengan pertumbuhan smartphone dan ponsel yang mengintegrasikan internet dalam produk mereka. Berbagai riset menunjukkan bahwa dari tahun ke tahun semakin banyak transaksi atau penjualan yang dilakukan oleh para konsumen melalui smartphone dan tablet dibandingkan dengan menggunakan PC dan laptop.

Para pemilik usaha harus tanggap dengan menyediakan berbagai fitur online yang bisa diakses melalui smartphone dan tablet para konsumen.



2)Penggunaan gambar dan video yang lebih menarik perhatian.

Naiknya popularitas Pinterest yang berfokus pada penggunaan gambar merupakan salah satu bukti bahwa penggunaan gambar-gambar yang menarik dan sesuai dengan konten seperti Infographics akan lebih mampu menarik perhatian calon konsumen.

Tidak hanya itu, banyak juga calon konsumen yang memutuskan untuk melihat video penawaran produk atau jasa sebelum memutuskan untuk menggunakan produk tersebut atau tidak. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh para marketer dengan melibatkan gambar yang menarik serta video yang benar-benar menjual untuk tujuan promosi mereka.



3)Pengabungan sosial media untuk lebih mengefektifkan SEO.

Search Engine Optimation pada Sosial media merupakan salah satu cara untuk memperkuat usaha sebuah bisnis dalam membuat strategi SEO yang mereka terapkan lebih efektif.



4)Pentingnya konten marketing.

Konten marketing adalah salah satu hal yang paling penting dalam dunia digital marketing. Kualitas dari konten sebuah artikel menjadi salah satu hal yang perlu mendapat perhatian lebih.



5)Remarketing atau Retargeting.

Trend yang satu ini mengacu pada fakta bahwa banyak sekali orang yang mengunjungi sebuah website namun tidak melakukan pembelian sama sekali.

Tujuan dari Remarketing adalah untuk menyasar para pengunjung website yang tidak melakukan pembelian dengan harapan agar para pengunjung tersebut bisa membeli produk yang ditawarkan dengan cara mengiklankan produk tersebut pada website yang mungkin dikunjungi. Para marketer bisa menggunakan jasa Google Marketing atau AdRoll untuk tujuan ini.



6)Marketing berdasarkan lokasi.

Hal ini berjalan sejalan dengan naiknya popularitas penggunaan smartphone atau tablet yang dilengkapi dengan GPS dan maps. Para konsumen pada umumnya akan menggunakan smartphone mereka untuk mencari produk atau jasa yang mereka butuhkan yang berada dekat dengan lokasi mereka.

Para marketer hendaknya jeli dan meletakkan bisnis mereka dalam posisi yang mudah ditemukan oleh para calon konsumen yang ada di sekitar mereka.



7)Google+

Salah satu trend yang diprediksikan akan berkembang ditahun-tahun yang akan datang.

Usaha Google untuk lebih terlibat dalam dunia sosial media memang belum menunjukkan hasil yang benar-benar sukses seperti yang ditunjukkan oleh Facebook, namun bila dilihat perkembangan penggunanya maka terlihat adanya kenaikan jumlah pengguna yang cukup signifikan dan hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan para marketer.

Tidak hanya berkutat sebagai sosial media semata, Google+ juga akan berkembang menjadi berbagai hal termasuk salah satu diantaranya adalah Google Carousel.



8)Meta Search.

Penggunaan meta search menjadi salah satu trend yang juga cukup populer di tahun-tahun yang akan datang.

Penggunaan meta search digabungkan dengan metode digital marketing yang lain akan bisa membuat para calon konsumen untuk datang langsung ke website perusahaan yang bersangkutan. Hal ini mulai banyak dilakukan terutama oleh perusahaan travel atau hotel, sehingga mereka tidak perlu membayar komisi kepada pihak ketiga seperti Expedia dan Travelocity.



9)Pencarian semantik.

Hal ini memiliki kaitan erat dengan konten marketing dimana proses pencarian akan lebih banyak berfokus pada makna dan tujuan dari sang pencari dibandingkan sekedar keyword semata.



10)Penggunaan teknik yang sederhana dan tidak terlalu kompleks.

Mengaca pada berbagai brand besar yang ada di seluruh dunia, maka kesederhanaan yang dibarengi dengan konsistensi menjadi kunci utama dari trend digital marketing yang akan semakin berkembang.



Berikut ini adalah strategi marketing yang sedang trend dan perlu dikuasai oleh pelaku bisnis untuk membantu pemasaran produk.



1)Content marketing

Konten marketing sekarang ini menjadi fokus utama oleh banyak merek mengingat peran penting dan cara kerjanya dalam sosial media, multimedia, search dan mobile. Banyak perusahaan yang masih belum memahami pentingnya trend dan bagaimana konten marketing melandasi hampir seluruh digital marketing. Konten merupakan dasar dari semua digital marketing dan sangat penting untuk menciptakan brand awareness serta merambah keramaian.



2)Mobile marketing

Terus meningkatnya para pengguna ponsel pintar dan juga tablet, menjadikan pesan pemasaran serta konten untuk platform mobile menjadi sebuah keharusan. Dari perangkat kecil tersebut banyak konsumen yang membaca konten, menerima email bahkan membeli produk. Oleh sebab itu, perusahaan dituntut untuk segera mendesain ulang website dan blog agar responsif dengan perangkat bergerak.



3)Integrated digital marketing

Media sosial dan konten memiliki peranan penting pada hasil pencarian. Google telah menciptakan Google+ dengan berbagai alasan termasuk salah satunya adalah untuk menangkap sinyal sosial. Untuk itu pastikan bahwa setiap pendekatan yang dilakukan memberikan kemungkinan untuk mengikat mereka semua secara bersamaan demi mencapai suatu efektivitas yang maksimum.



4)Personalized marketing

Pendekatan marketing yang biasa terjadi di media tradisional dan televisi menjadi kurang efektif karena adanya kejenuhan media. Kita bisa melihat bagaimana adanya personalized marketing di situs e-commerce, email dan website yang menyesuaikan dengan iklan dan user interface demi kepentingan konsumen yang relevan.

Ketika mengunjungi bisnis online sekali dan kemudian berkunjung lagi, website akan tahu siapa Anda. Email yang datang berikutnya juga telah dipersonalisasi dengan produk yang telah Anda kunjungi ketika berbelanja online.

Web akan menangkap kebiasaan Anda seperti membaca data, menyajikan informasi yang relavan dan menerapkan intelegensi. Trend yang satu ini didorong oleh teknologi dengan menggunakan “big data” sehingga dapat meningkatkan efektivitas marketing.



5)Continuous marketing

Seorang marketing harus menyadari bahwa strategi marketing yang kuat sedang marak dan disebut dengan continuous marketing. Namun, hal ini bukan berarti Anda tidak boleh melakukan pemasaran produk atau promosi secara offline. Kenyataannya adalah segala sesuatu yang ditemukan secara online melalui media sosial, twitter stream serta penelusuran melalui Google membutuhkan aktivitas SEO yang konstan, publishing, penciptaan konten dan marketing.



6)Visual marketing

Pertama kali kita melihat lanskap visual marketing adalah beberapa tahun yang lalu ketika YouTube hadir. Sejak saat itulah visual marketing terus bermunculan seperti Instagram, Pinteres dan juga Slideshare. Dalam waktu 6 bulan terakhir ini, visual marketing sudah berada ditingkat yang baru. Anda harus bisa memanfaatkan trend marketing ini sebagai salah satu cara untuk meningkatkan keterlibatan secara online.



Tantangan dalam Strategi Digital Marketing



Sama seperti berbagai strategi marketing lainnya, stategi yang satu ini juga memiliki tantangannya sendiri. Saat ini beberapa tantangan yang paling banyak dihadapi oleh para digital marketer adalah:



1.Tingkat kompetisi yang semakin tajam dari waktu ke waktu. Hal ini sangat wajar mengingat platform internet serta berbagai chanel yang bisa dipergunakan tergolong sangat murah bila dibandingkan denga metode marketing tradisional.



2.Adanya pilihan chanel yang sangat beragam. Terlepas dari populernya internet sebagai platform utama dalam metode digital marketing, chanel yang ada sangatlah beragam dan chanel yang baru terus bermunculan setiap harinya.



3.Perkembangan jumlah data yang tidak terhingga jumlahnya. Mendapatkan data yang valid dan akurat mengenai target konsumen adalah hal yang sangat penting bagi para marketer online. Namun perkembangan data yang ada saat ini sangatlah banyak sehingga terkadang akan sulit untuk memisahkan data yang valid dengan data yang tidak valid. Kesalahan dalam memilih data yang tidak valid akan membuat tujuan marketing tidak tercapai dengan sempurna.



Buku Acuan



•Prisgunanto, Ilham, 2014. Komunikasi Pemasaran Era Digital. Prisani Cendekia: Jakarta. Hal 188-248.


Show Comments!
Hide comments

Belum ada Komentar untuk "pemasaran digital"

Kebijakan berkomentar :

Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik, agar orang tau sebijak apa karakter anda melalui kata-kata,

Silahkan berkomentar apapun selagi masih berhubungan dengan halaman postingan ini,

Dilarang berkomentar menggunakan Link Aktif,

Centang Notife Me agar mendapatkan notifikasi balasan komentar admin melalui Email.

Posting Komentar

';

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel